Thursday 16 May 2013

pedang istimewa yang ada di samurai x

Pembaca pusatfaktaunik yang sekarang umurnya 20 tahunan mungkin tau benar dengan animasi yang satu ini



ya, serial animasi samurai x (rurounin kenshin) ditayangkan hari Senin-Jumat pukul 15.00-15.30 di salah satu TV swasta ini adalah seri animasi paling ditunggu saat itu.

dalam thread ini TS akan membahas mengenai pedang-pedang unik yang ada di serial ini, yuk kita mulai saja

1. SAKABATO pengguna KENSHIN HIMURA
diceritakan Kenshin Himura merupakan bekas seorang pembantai yang terkenal di restorasi meiji, dengan sebutan Hitokiri Battōsai, lalu setelah zaman restorasi berakhir ia berkelana selama 10 tahun dengan memutuskan untuk tidak lagi membunuh orang, selama itulah dan saat memulai petualangannya bersama dengan teman-teman dari Dojo Kamiya Kasshin inilah ia memakai pedang dengan mata tajam terbalik alias SAKABATO.

selama awal episode ia memakai SAKABATO KAGEUCHI yang diberikan ahli pedang SHAKKU ARAI pasca perang Toba-Fushimi, namun pedang ini patah pada saat duel melawan anggota Juppon Gatana, Sojiro Seta yang pedangnya juga menjadi remuk sepanjang pedang.



Kenshin pun mencari pedang lain dan sempat bingung apakah ada Sakabato lain kerena ia memang bertekad untuk tidak membunuh lagi. Pada saat duel melawan Sawagejo Cho di kuil Hakusan ia terpaksa mencabut pedang yang merupakan mahakarya terakhir Shakku Arai untuk melindungi anak Seiku Arai yang merupakan anak dari Shakku (yang dilindungi jadi cucunya Shakku gan ). Menyesal karena mengira telah membunuh Cho, ternyata padang itu juga merupakan pedang Sakabato. Jadilah sejak itu Kenshin memakai pedang SAKABATO SHINUCHI ini.

2. KODACHI pengguna AOSHI SHINOMORI

merupakan pendekar muda jenius dari Oniwabanshu Onmitsu (Geng Oni) dengan sebutan Okashira (sepertinya geng Oni bisa disebut juga pasukan ninja). Pedang ini berbentuk agak pendek dan ringan, sehingga memang hanya dipakai untuk bertahan dan menyerang dengan jurus - jurus Kempo.



Sempat kalah oleh Kenshin yang hendak membebaskan Megumi, yang mengakibatkan ia kehilangan seluruh anggotanya yang terbunuh oleh Gatling Gun oleh Kanryu Takeda sang pengusaha opium. Setelah itu ia mengembangkan jurusnya namun tetap memakai Kodachi sebagai senjata utamanya, kali ini tidak dengan satu tapi dua kodachi yang dipakai untuk bertahan dan menyerang, jurus yang paling berbahayanya adalah jurus Kaiten Kenbu.

3. ZANBATO pengguna SANOSUKE SAGARA
Dulunya Higashidani Sanosuke merupakan anggota tentara Sekiho pimpinan Kapten Sagara Sozo yang dijebak dan akhirnya dihukum mati. Saking ngefansnya sama sang kapten Sanosuke pun mengganti nama Keluarganya menjadi Sagara. Hal ini membuat ia membenci pemerintah Meiji dan begitu mengetahui ada ex-battosai di Dojo Kamiya maka ia pun mengajak duel.



Pada duel ini Sano bersenjatakan Pedang Pemenggal Kuda (Zanbato) karena itu ia juga dikenal sebagai Zanza. Dalam duel antara kekuatan Sano dan kegesitan serta teknik kenshin ini Zanbatou patah jadi dua. Akhirnya Sano pun menjadi teman dengan sering numpang makan di Dojo Kamiya .

Diceritakan juga pedang ini sempat diperbaiki namun patah lagi pada saat menahan rudal ketika membantu Kenshin berduel.

4. MUGENJIN pengguna SHISHIO MAKOTO
Mungkin beliau adalah musuh Kenshin yang paling tangguh (menurut TS loh), dia adalah penerus Kenshin sebagai pembantainya Pro Restorasi Meiji. Namun setelah itu dia dikhianati dengan dicoba dihapus jejaknya dengan cara dibakar. Jadilah ia tokoh seperti mumi dengan perban di seluruh tubuhnya.

Pada duel di markasnya ia sempat dihajar Gatotsunya Saito yang mengetahui bahwa titik lemahnya ada di jidat, namun berdasarkan pengalaman masa lalu ia menutupinya dengan ikat kepala besi, gagal lah usaha saito. Lalu Sano juga sempat menonjok pipinya dengan Futae No Kiwami, namun karena tinjunya sempat remuk saat berantem dengan Anji, malah tinjunya Sano yang semakin remuk.



Pedang yang dipakainya adalah Mugenjin yang apabila bergesekan bisa terbakar. Pedang ini pada bagian tajamnya bertepi gerigi, dan bisa terbakar dikarenakan gerigi itu bercampur dengan lemak daging minyak dari korban-korbannya Shishio. 

5. WATO pengguna ENISHI YUKISHIRO
Enishi sejatinya adalah adik ipar Kenshin (adiknya Tomoe Yukishiro) yang mau membalas dendam kakaknya yang secara tidak sengaja tertebas oleh pedang Kenshin. Pasca kakaknya mati ia pun pergi bersama pengungsi ke Shanghai-China.



Hal ini membuat teknik dan bentuk pedangnya dipengaruhi oleh gaya China. Ia juga merupakan makelar senjata yang memasok Kapal perang Rengoku ke Shishio. Wattojutsu merupakan teknik yang mampu menahan Kuzuryusen.

6. RENBATO dan HAKUJIN NO TACHI pengguna CHO SAWAGEJO
Cho merupakan salah satu anggota Juppon Gatana. Dia merupakan ahli pedang yang menggunakan banyak pedang. Pedangnya merupakan pedang-pedang yang juga merupakan karya dari Shakku Arai (Mpu yang membuat Sakabato).



RENBATO adalah pedang dengan dua bilah pada satu pegangan. Sedangkan HAKUJIN NO TACHI adalah pedang yang sangat panjang sehingga menyerupai cambuk, yang dililitkan di perutnya, gara-gara pedang inilah Kenshin terpaksa mencabut Sakabatonya. Ia juga merupakan anggota Juppon Gatana yang pertama ditangkap, dan memilih untuk dipenjara daripada dibebaskan dengan risiko dibunuh Shisio. Ia akhirnya jadi informan pemerintah.

Sebetulnya ada beberapa senjata unik lain, seperti sabitnya Kawatari atau Tombak serta tameng tempurung kura-kuranya Usui, namun karena bukan kategori pedang ane tidak masukkan.



Sumber

0 comments:

Post a Comment